By: Alif Arienzo, writer at Alveo

Untuk menjadi ahli di suatu bidang, tentu saja ada hal dasar yang harus dipahami. Begitu juga untuk menjadi seorang penulis yang baik. Berikut adalah 10 hal penting yang harus diperhatikan penulis yang ingin berkecimpung di dunia Corporate Writing.

 

 

  1. Kenali Pembaca

Hal pertama yang dilakukan oleh seorang penulis yang baik adalah mengenali pembacanya. Siapa mereka, bagaimana latar belakangnya, kenapa mereka harus membaca tulisan Anda. Informasi ini akan sangat membantu Anda dalam membuat konten atau tulisan yang menarik dan tepat sasaran.

 

  1. Pahami Pesan

Langkah penting lainnya agar pesan atau tulisan yang ingin Anda sampaikan dapat diterima dengan baik adalah dengan memahami apa yang ingin Anda sampaikan. Pelajari, gali data dan fakta agar Anda benar-benar menguasai dan yakin dengan apa yang Anda tulis.

 

  1. Jadi Berbeda

Memiliki gaya penulisan yang berbeda dari penulis lainnya akan membuat Anda lebih bernilai, unik dan mudah diingat.

 

  1. Selipkan Call to Action

Dalam corporate writing atau bahkan dalam penulisan lainnya, pastikan Anda selalu membuat bagian call to action, suatu kalimat atau informasi berupa kontak perusahaan, cara pemesanan atau pembelian, tautan, hingga kalimat ajakan yang Anda harapkan untuk pembaca lakukan.

 

  1. Singkat namun Membekas

Karena kualitas > kuantitas. Setuju, kan?

 

  1. Hindari Ambiguitas

Penggunaan kata yang ambigu dapat membuat pesan yang ingin Anda sampaikan disalahartikan. Jadi, tetap gunakan kata-kata yang mudah dimengerti dan sesuai dengan target pembaca Anda.

 

  1. Formula AIDA

AIDA (Attention – Interest – Desire – Action) merupakan rumus yang harus selalu Anda gunakan di setiap tulisan. Formula AIDA terbukti efektif dapat membuat konten dan promosi Anda jadi lebih menarik.

 

  1. Fokus pada Manfaat Bukan Fitur

Pembaca atau calon konsumen akan lebih tertarik pada hasil dan manfaat, bukan fitur. Jadi, cobalah untuk fokus pada bagaimana produk atau jasa yang Anda miliki dapat bermanfaat bagi mereka.

 

  1. Pelajari Lebih Banyak Kosakata

Untuk meningkatkan kemampuan menulis, tentunya Anda harus lebih banyak membaca. Pelajari kosakata baru minimal satu kata sehari, hal ini akan membantu tulisan Anda jauh lebih berwarna nantinya.

 

  1. Baca Kembali

Luangkan waktu untuk membaca kembali tulisan Anda. Hal ini akan membuat Anda jadi lebih teliti dalam menemukan kesalahan untuk kemudian mengeksplorasinya guna menciptakan tulisan yang lebih berkualitas.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: