Umumnya, Laporan Tahunan Perusahaan (Annual Report) dibuat oleh perusahaan-perusahaan yang sudah go public atau tercatat di pasar modal. Sebagian diantara perusahaan-perusahaan terbuka tersebut, kemungkinan ada yang membuat Laporan Tahunan sekadar untuk memenuhi ketentuan yang ditetapkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Courtesy of Dreamstime

Sebenarnya, tidak salah jika perusahaan-perusahaan yang sudah go publik, menyusun dan kemudian menyampaikan Laporan Tahunan tersebut kepada OJK untuk sekadar memenuhi ketentuan agar istilahnya “gugur kewajiban”.  Terlebih, membuat Laporan Tahunan Perusahaan tidaklah semudah yang dibayangkan.

Yang jelas, di balik itu sebenarnya ada makna yang lebih luas dari sekadar memenuhi kewajiban. Laporan Tahunan pada dasarnya mencerminkan sebuah  sinergi tata kelola organisasi kerja perusahaan secara keseluruhan untuk dapat dilihat dan dinilai secara transparan oleh pemegang saham, stakeholders, dan masyarakat luas dalam selama satu periode tahun penilaian. Juga sebagai bentuk laporan tanggung jawab pengelolaan perusahaan khususnya kepada pemegang saham secara tertulis dalam periode satu tahun pengurusannya.

Melalui Laporan Tahunan, perusahaan mengungkapkan informasi mengenai kebijakan, strategi, realisasi pencapaian dari target yang ditetapkan, serta tantangan dan peluangnya selama periode tahun buku Laporan Tahunan tersebut. Juga target dan strategi kebijakan perusahaan yang akan diambil pada tahun buku berikutnya.  

Tentu saja  penyajian dan penyampaian laporan tahunan perusahaan harus dibuat menarik dan harus sesuai dengan ketentuan atau kaidah penyusunan laporan tahunan itu sendiri. Perusahaan dituntut menyusun dan menyampaikan laporan tahunan yang tak sekadar berisi soal kinerja baik dan positif pada perusahaan saja. Juga diungkapkan nilai tambah perusahaan bagi pemegang saham, masyarakat, dan seluruh pemangku kepentingan perusahaan.   

Sebenarnya, tidak hanya perusahaan yang sudah go public saja yang membuat Laporan Tahunan.  Setiap perusahaan berbadan hukum Perseroan Terbatas (PT), berdasarkan pasal 66, UU No. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas berkewajiban menyampaikan Laporan Tahunan setiap tahunnya kepada kepada Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Jadi, pada perusahaan tertutup sekalipun, jika perusahaan ingin berkelanjutan dan memiliki citra positif di mata pemegang saham dan seluruh stakeholders, sudah seharusnya, pembuatan Laporan Tahunan yang menarik dijadikan sebuah kebutuhan. 

Lebih jauh lagi, melalui penyampaian laporan tahunan,  masyarakat dan pemegang saham diharapkan semakin memiliki keyakinan terhadap kesinambungan perusahaan tersebut dalam jangka panjang, sekaligus ilai tambah perusahaan bagi masyarakat secara keseluruhan.

Jadi, bagaimana sebaiknya membuat Laporan Tahunan agar  menarik dan memiliki nilai jual?

Membuat Tema Menarik untuk Laporan Tahunan

Selama periode satu tahun buku yang dinilai tersebut, perusahaan pastinya memiliki target, dan program strategi pencapaian target-target tersebut. Rencana bisnis, target pencapaian, dan program strategis yang dituangkan dalam kebijakan besar perusahaan dalam periode tersebut, sepantasnya diusung menjadi tema besar perusahaan dalam menyusun Laporan Tahunan. 

Tentu saja temanya harus menarik minat untuk dibaca, tetapi tidak melenceng dari program besar perusahaan pada periode penyusunan Laporan Tahunan Perusahaan pada tahun buku tersebut. 

Desain menarik yang Dapat Menggambarkan Tema 

Desain merupakan pengejawantahan dari sebuah visual. Desain utama tentu saja pada cover depan Laporan Tahunan Perusahaan. Desain visual yang menarik, dengan komposisi warna yang sesuai (eye catching), menjadi keunggulan dari penyusunan sebuah Laporan Tahunan Perusahaan. Tetapi, harus juga diperhatikan, agar desain dengan visual dan komposisis warna menarik tersebut tidak melenceng dari tema besar Laporan Tahunan  yang dibuat.

Tak hanya desain pada cover. Setiap bagian dalam Laporan Tahunan yang dibuat, juga harus didesain semenarik mungkin. Pastinya juga tetap mewakili setiap bagian dalam Laporan Tahunan tersebut. Jangan sampai karena ingin menarik secara visual, desain yang ditampilkan malah tidak mewakili bagian tersebut.

Bukan hanya desain halaman, pengaturan tata letak gambar, ilustrasi, maupun foto di halaman-halaman tertentu secara tepat dan sesuai, juga tak kalah penting untuk membuat Laporan Tahunan menjadi semakin  menarik. 

Penulisan Secara Sistematis dan Terstruktur

Hal lain yang tidak boleh diabaikan untuk membuat menarik Laporan Tahunan adalah penulisan yang dibuat sistematis dan terstruktur. Dengan demikian, pembaca Laporan Tahunan tersebut mudah memaknai maksud dan tujuannya. Sekalipun menarik, jika disampaikan dengan tulisan yang tak sistematis dan tidak terstruktur, tentu pembaca akan kesulitan memahami bagian Laporan Tahunan tersebut.

Jika perlu, buatlah highlight mengenai informasi penting yang ingin ditonjolkan. Dapat saja digunakan warna berbeda, atau cetak tebal dari kata kunci atau kata atau kalimat yang ingin ditonjolkan tersebut.  Penggunaan tipografi pastinya menjadi bagian penting yang sangat membantu agar pesan tersebut dapat tersampaikan dengan baik.

Penggunaan Grafis, Diagram, dan Tabel

Banyak informasi penting, baik keuangan maupun data-data penting yang uraiannya sangat banyak dan panjang jika disampaikan dalam bentuk tulisan. Penggunaan grafis, diagram dan tabel, akan sangat membantu untuk menyampaikan data-data penting pada Laporan Tahunan.

Penyampaian informasi keuangan penting, data-data penunjang dan hal lain yang butuh banyak uraian, akan sangat membantu pembaca jika diuraikan dalam bentuk grafis, diagram ataupun tabel.

Keterbukaan Informasi dan Analisa Akurat

Banyak hal penting yang disampaikan dalam Laporan Tahunan harus dilaporkan secara transparansi. Dinamika industri sangat memungkinkan sebuah perusahaan mengalami penurunan kinerja atau target yang tidak bisa dicapai. Banyak hal yang dapat memengaruhi pencapaiannya.

Untuk itu, keterbukaan penyampaian informasi mutlak harus dilakukan. Pembaca akan dapat memahami kondisi tersebut. Dengan demikian, penyampaiannya harus didukung dengan uraian analisa yang akurat. Memberikan analisa kepada pembaca mengapa hal tersebut dapat terjadi dan perbandingannya dengan industri secara keseluruhan.

Semoga tulisan ini dapat membantu Anda untuk menyusun dan membuat Laporan Tahunan dengan lebih baik lagi. (ALV)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: