Saat ini harus diakui bahwa persaingan dunia bisnis sangat ketat dan konten tulisan bisa menjadi salah satu media untuk mampu bertahan sekaligus memenangkan persaingan. Penyampaian informasi melalui sebuah konten tulisan dengan gaya bahasa yang tepat, pada segmen pasar yang tepat,  dapat meyakinkan konsumen terhadap produk maupun layanan yang ditawarkan oleh perusahaan.  

Konten tulisan dapat dipakai alat propaganda bisnis yang sangat positif. Juga dapat digunakan sebagai bentuk komunikasi verbal yang sangat efektif dalam menunjang aktivitas dan komunikasi bisnis. Tulisan yang baik akan sangat bermanfaat untuk menyampaikan pesan kepada konsumen perusahaan ataupun untuk tujuan sinergi bisnis dengan para mitra bisnis terkait maupun dengan para pemangku kepentingan.

Sebaliknya, tulisan yang buruk justru dapat kontraproduktif dengan maksud dan tujuan bisnis yang ingin dicapai. Oleh karenanya, mempersiapkan konten tulisan dengan gaya bahasa sesuai segmen yang dituju menjadi hal yang sangat penting dalam mendukung aktivitas bisnis.

Begitu berpengaruhnya dampak sebuah konten tulisan, bahkan Napoleon Bonaparte pernah berkata: “Aku lebih takut dengan seseorang yang memegang pena daripada prajurit bersenjatakan lengkap”.  Jika seorang seperti Napoleon Bonaparte merasakan kekuatan tulisan yang memiliki berpengaruh besar dibandingkan kekuatan senjata, maka dalam bisnis, kekuatan tulisan juga akan berlaku demikian. Konten tulisan yang baik pasti akan memiliki pengaruh dan manfaat besar bagi aktivitas bisnis yang dilakukan. 

Alat Komunikasi Bisnis

Tulisan merupakan bentuk komunikasi verbal yang sangat penting untuk mendukung keberhasilan pencapaian usaha. Melalui sebuah konten tulisan, komunikasi bisnis dapat terjalin baik dan akan menghindari salah pengertian, baik antara perusahaan dengan konsumennya, maupun dengan mitra bisnis ataupun pemangku kepentingan lain. Dengan demikian, konten tulisan yang baik sangat penting untuk menopang keberhasilan kegiatan bisnis yang dijalankan.

 Melalui sebuah konten tulisan, pebisnis maupun perusahaan dapat menyampaikan sebuah informasi penting, dengan target yang lebih luas dibandingkan komunikasi secara lisan. Kekuatan sebuah produk maupun jasa, manfaat, serta perkembangan bisnis yang informatif, dapat dikemas dalam sebuah konten tulisan penting untuk disampaikan kepada target yang diinginkan.

Sebagai sebuah alat komunikasi bisnis, informasi yang dikemas dalam konten tulisan tersebut, pada akhirnya akan membentuk sebuah persepsi mengenai pencitraan bisnis secara positif seperti yang diinginkan. Ide maupun gagasan yang disampaikan dalam bentuk informasi tulisan tersebut, jika tersampaikan dengan baik akan menjadi sebuah kekuatan yang memberikan nilai besar dalam membentuk opini positif bagi pasar.

Konten Tulisan Berdasarkan Media 

Media yang menjadi wadah penyampaian ide/gagasan mengenai informasi bisnis yang disampaikan, akan ikut mempengaruhi efektivitas keberhasilan konten tulisan. Menyampaikan konten tulisan dengan bentuk dan gaya bahasa yang sama dengan media yang berbeda, hasilnya juga akan berbeda. 

Jadi, sangat penting untuk membuat konten tulisan yang disesuaikan dengan gaya dan bahasa media yang akan dipakai. Seiring dengan maraknya media sosial sekarang ini, mulai dari facebook, twitter, instagram, youtube, dan media sosial lain, diperlukan sebuah konten tulisan yang ringkas dengan gaya bahasa yang disesuaikan dengan masing-masing platform media sosial tersebut. 

Berbeda lagi dengan media berbasis surat kabar cetak ataupun online, yang memberikan ruang penulisan yang lebih luas. Konten tulisan yang disampaikan pada media cetak surat kabar maupun media online, memberikan kesempatan  untuk menyampaikan ide/gagasan yang lebih terperinci, dan lebih mendetail.Konten tulisan bisnis yang tepat pada ragam media yang tepat untuk disampaikan, pada akhirnya akan membuat ide/gagasan bisnis yang diinformasikan akan dapat diterjemahkan dan diterima oleh pembacanya. Menjadikan ide/gagasan tersebut tersebar tepat untuk membentuk persepsi postif dalam mendukung aktivitas bisnis sebagaimana yang diharapkan. (ALV)

%d bloggers like this: