By Rafa A. Ramadhan

Senior writer at ALVEO

Aspek tata bahasa atau gramatikal seringkali diabaikan dalam komunikasi sehari-hari, misalnya dalam perpesanan atau percakapan santai dengan kolega. Namun, aspek gramatikal memiliki peran yang signifikan dalam komunikasi bisnis. Apa pun jenis bisnis yang dijalankan, mengomunikasikan bisnis menggunakan tata bahasa yang baik dan benar memiliki berbagai keuntungan. Sebaliknya, penggunaan bahasa yang tidak sesuai dengan kaidah bahasa meninggalkan kesan yang tidak menarik bagi calon pelanggan. Ditambah lagi, kesalahan pada tata bahasa dalam komunikasi bisnis sering dikaitkan dengan sikap abai terhadap peraturan, dan bahkan sikap malas serta terburu-buru. Oleh karenanya, sebuah bisnis harus dapat menyampaikan pesan yang jelas dengan tata bahasa yang baik dan benar untuk dapat mencerminkan komitmen profesional dari bisnis tersebut. 

Berikut adalah berbagai keuntungan menggunakan tata bahasa yang baik dan benar dalam komunikasi bisnis: 

Kesan baik 

Sebuah bisnis pada umumnya akan “memperkenalkan diri” kepada pelanggan melalui presentasi, iklan, brosur, dan kampanye. Dalam proses perkenalan tersebut, tata bahasa yang berkualitas dapat meninggalkan kesan yang baik untuk calon pelanggan dan membuat mereka yakin dengan bisnis Anda. Di sisi lain, kualitas tata bahasa yang buruk dapat menurunkan tingkat ketertarikan pelanggan terhadap suatu bisnis. 

Meningkatkan reputasi bisnis 

Tidak hanya membuat bisnis Anda lebih menarik, aspek gramatikal yang mumpuni juga berperan dalam mempertahankan reputasi bisnis Anda. Klien, rekan usaha, serta pemasok biasanya akan lebih percaya pada sebuah bisnis yang mampu berkomunikasi dengan jelas, tepat, dan efektif. Penggunaan tata bahasa yang benar juga dapat meningkatkan kredibilitas dan reputasi sebuah bisnis. 

Buat pesan yang komunikatif dan mudah dipahami

Kerap dipandang sebelah mata, tanda baca dan ejaan berperan penting dalam komunikasi yang mudah dipahami. Penggunaan tanda baca dan ejaan yang salah dapat membuat pembaca kebingungan terhadap pesan yang Anda sampaikan. Alhasil, Anda akan dimintai klarifikasi dari pihak klien yang keliru memahami isi pesan karena ketidakjelasan tanda baca, atau bahkan kemungkinan terburuknya, Anda akan gagal mendapatkan calon pelanggan hanya karena kualitas tata bahasa yang tidak baik. 

Mencegah tuntutan hukum

Siapa yang akan mengira bahwa penggunaan tata bahasa yang baik dan benar dapat menyelamatkan bisnis dan diri Anda? Kualitas tata bahasa yang buruk dalam komunikasi tertulis dapat menimbulkan misniformasi dan misinterpretasi pada pembaca. Aspek tata bahasa dapat sangat memengaruhi kelangsungan sebuah bisnis. Hanya karena kesalahan dalam aspek tata bahasa dapat membuat sebuah bisnis berisiko terhadap tuntutan hukum. Oleh karenanya, peran ketelitian dan kejelasan komunikasi dalam bisnis sangat krusial. 

Mendorong produktivitas

Selain berpotensi menjatuhkan suatu bisnis dengan tuntutan hukum, misinformasi juga bisa menjadi penghambat bagi produktivitas. Anda dapat kehilangan banyak waktu berharga hanya untuk mengoreksi dokumen yang memuat banyak kesalahan tata bahasa. Oleh karena itu, Anda dapat menerapkan peraturan yang sederhana dalam panduan penulisan dan menyosialisasikannya kepada seluruh staf agar dapat menghemat waktu dan mencegah kekeliruan. Instruksi yang jelas terhadap penggunaan tata bahasa yang baik dan benar dapat memudahkan seluruh staf perusahaan untuk bekerja seefisien mungkin. 

Apa pun jenis dan ukuran bisnis yang Anda jalankan, pengetahuan terhadap tata bahasa yang baik dan benar tidak boleh dikesampingkan. Jadi, jangan pernah remehkan peran tata bahasa dalam komunikasi bisnis, karena tata bahasa yang berkualitas merupakan investasi untuk meningkatkan bisnis Anda. 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: