Oleh: Wakhid Muqodam. Artikel dipublikasi di Surabaya City Guide edisi Juli 2013.
Semua produk harus dibranding dengan baik. Tidak terkecuali apakah target konsumennya menengah ke atas, atau bahkan menengah ke bawah.
Konsep ditegaskan Aulia Rachmat Sungkar, Writerpreneur, ketika menjadi pembicara pada Kupas Bisnis bertema Advertising & Branding – Turn Them Into Business, akhir Mei lalu di Spazio 2nd floor.
Copywriter asal Jakarta itu mengatakan, dalam konteks branding, sebuah tulisan bisa sangat mendukung sebuah produk yang akan ditawarkan kepada konsumen.
“Prinsipnya, tulisan harus mudah diingat. Tulisan harus mengandung prinsip keep it short and simple (KISS),” tuturnya.
Ia menambahkan, dalam membuat tulisan, pemilihan katanya harus mewakili produk yang ditawarkan. Harus sesuai dengan pasar yang dibidik, dan jangan sampai salah sasaran.
“Tulisan yang dibuat untuk menggambarkan produk tersebut, harus sesuai siapa audience yang akan dituju,” tegasnya.