Apa sebenarnya media relation? Apakah keuntungannya bagi perusahaan yang dapat menjalankan fungsi media relation? Pada dasarnya, media relation merupakan bentuk hubungan perusahaan dengan media. Bentuk hubungan yang sebaiknya harus dibangun dan dijaga antara organisasi atau individu dengan media massa, baik koran, majalah, televisi, radio, ataupun media berbasis online. Ketika perusahaan memanfaatkan fungsi media relation secara optimal, maka perusahaan dapat menjalin hubungan dan membangun komunikasi secara baik dengan media. 

Dengan demikian, liputan oleh media mengenai perusahaan dapat mencerminkan hal positif yang memang ingin dicitrakan oleh perusahaan secara baik di mata publik. Untuk itu, perusahaan harus mampu menerapkan strategi komunikasi yang efektif dengan media massa.

Sejatinya, kegiatan media relation adalah untuk menciptakan hubungan saling percaya antara perusahaan dengan media. Perusahaan harus membangun dan memelihara hubungan yang positif dengan media agar dapat mengantisipasi berbagai situasi dan kondisi yang berkembang. Jika hubungan tersebut sudah terbentuk, media akan dapat menyampaikan informasi penting yang sejalan dengan kepentingan perusahaan secara akurat.

Secara umum, ada beberapa keuntungan yang bisa diperoleh perusahaan ketika peran media relation dapat difungsikan sebagai alat komunikasi publik dengan optimal. Melansir dari sejumlah sumber, Alveo mencatat beberapa keuntungan yang bisa didapatkan perusahaan dengan mengoptimalkan peran media relation, diantaranya: membangun citra positif di mata publik, meningkatkan visibilitas, meningkatkan pemahaman publik, meningkatkan kredibilitas perusahaan, meningkatkan hubungan dengan para pemangku kepentingan, mengelola manajemen krisis untuk mengurangi isu negatif, serta membangun hubungan yang lebih erat dengan media massa melalui penyebaran informasi secara lebih efektif.

Membangun Citra Positif 

Mengenai keuntungan membangun citra positif, media relation berperan dalam membantu membangun reputasi perusahaan melalui pemberitaan yang baik di media massa, sehingga perusahaan dapat meningkatkan citra yang positif di mata publik. Media relation juga membantu perusahaan memperoleh akses liputan media secara lebih luas, lebih mendalam, dan berkesempatan menghadirkan diri sebagai otoritas dalam bidangnya agar dapat meningkatkan visibilitas perusahaan. 

Selanjutnya, media relation juga bermanfaat untuk meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai perusahaan melalui penyampaian informasi yang relevan dan penting kepada publik. Ada peran untuk mengedukasi masyarakat tentang produk, program, atau inisiatif yang dijalankan, serta menjelaskan mengenai kebijakan, tujuan, serta nilai-nilai perusahaan kepada publik secara lebih transparan. Dengan demikian, diharapkan kepercayaan dan kredibilitas publik kepada perusahaan dapat semakin besar melalui pemberitaan yang positif.  Ketika perusahaan muncul dalam pemberitaan media yang memiliki nama besar dan terpercaya dengan informasi postif, maka hal itu dapat meningkatkan kepercayaan dan kredibilitas perusahaan di mata publik.

Selain itu, keuntungan perusahaan dengan mengoptimalkan peran media relation adalah dapat membantu perusahaan dalam membangun hubungan yang baik dengan para pemangku kepentingan untuk mendapatkan dukungan dan saling pengertian. Para pemangku kepentingan mulai dari pelanggan, mitra bisnis, investor, masyarakat umum, termasuk regulator akan menerima informasi yang relevan mengenai perusahaan.  

Media relation juga akan memberikan keuntungan bagi perusahaan pada saat terjadi manajemen krisis. Pada saat perusahaan mengalami atau terdampak krisis, maka media relation dapat digunakan untuk mengelola liputan media dan memberikan respons yang cepat dan efektif. Media relation saat itu akan sangat membantu meminimalkan dampak negatif dari krisis tersebut dan menjaga reputasi perusahaan.

Tentunya, perusahaan menginginkan agar informasi yang tersampaikan dapat diterima secara akurat oleh publik. Dalam hal ini, peran media relation menjadi sangat penting untuk membangun hubungan yang kuat dengan jurnalis dan media, sehingga diharapkan perusahaan dapat mempengaruhi narasi yang dibentuk oleh media. Untuk itu media relation berperan penting dalam menjaga pesan yang disampaikan kepada publik, sekaligus  memastikan pesan tersebut tersampaikan dengan baik.

Siapa yang Menjalankan Fungsi Media Relation?

Sebagai upaya mengoptimalkan peran media relation secara efektif dan efisien, dibutuhkan seseorang atau satu bagian dalam perusahaan, sebagai perwakilan resmi yang bertanggung jawab melakukan komunikasi dengan media atau mewakili perusahaan dalam hal-hal terkait publikasi dan hubungan dengan media. 

Biasanya, wakil perusahaan untuk berkomunikasi dengan publik ini menjadi bagian dari divisi komunikasi, divisi hubungan masyarakat atau Sekretaris Perusahaan. Perwakilan media relation berperan penting dalam menjalin hubungan baik dengan media, menyampaikan pesan perusahaan secara efektif, menjawab pertanyaan media, mengatur konferensi pers, dan memastikan informasi yang disampaikan oleh perusahaan sesuai dengan kebijakan dan strategi yang telah ditetapkan. 

Dengan adanya pihak yang menjadi wakil perusahaan dalam berkomunikasi dengan publik, maka perusahaan mampu merencanakan dan melaksanakan strategi komunikasi yang efektif kepada publik melalui media. Umumnya, sekarang ini terutama pada perusahaan yang sudah go public, Sekretaris Perusahaan menjadi pihak yang mewakili perusahaan dalam menjalankan fungsi media relation. Semoga bermanfaat. (ALV).

Leave a comment