Saat ini, hampir semua perusahaan, khususnya di Indonesia, menyampaikan hasil kinerja mereka selama satu tahun dalam bentuk laporan tahunan yang ditujukan kepada publik atau para pemangku kepentingan.

Pada dasarnya, laporan tahunan bukan sekadar salinan kinerja perusahaan yang disajikan untuk mematuhi aturan atau arahan dari regulator, tetapi juga menjadi alat untuk meraih kepercayaan publik dan mitra bisnis demi kelangsungan perusahaan.

Karena itu, ada beberapa hal penting yang harus dijaga dalam menyusun laporan tahunan, di antaranya, aspek komunikasi dan peran public relations di dalamnya.

Dalam menyusun laporan tahunan, jangan hanya berfokus pada penyampaian data atau angka-angka yang seolah bersifat kaku dan hanya ditujukan untuk kalangan tertentu, tapi juga harus dikemas sedemikian rupa, agar menarik dan bisa dibaca oleh semua kalangan.

Di sinilah dibutuhkan peranan public relations untuk memberikan arahan agar laporan tahunan tersebut menjadi sebuah alat komunikasi yang strategis yang juga bisa digunakan sebagai alat pemasaran yang efektif bagi perusahaan. Pasalnya, melalui laporan tahunan ini, perusahaan dapat berbicara lebih daripada sekadar angka, grafik, maupun gambar.

Di samping sebagai media yang digunakan untuk mengomunikasikan pengelolaan kinerja perusahaan dalam satu tahun, laporan tahunan juga bisa dimanfaatkan untuk menceritakan perihal budaya dan strategi perusahaan terkait pengelolaan sumber daya manusia (SDM) mereka.

Melalui laporan tahunan, perusahaan bisa menceritakan strategi pengelolaan SDM yang menunjang pencapaian target dalam satu tahun. Selain strategi pengelolaan yang terkait bisnis perusahaan, bisa juga dijelaskan sejauh mana perhatian perusahaan dalam rangka meningkatkan kompetensi pegawai dan jaminan kesejahteraan bagi mereka.

Selain itu, melalui laporan tahunan ini, juga bisa diungkapkan bagaimana strategi perusahaan dalam rangka memberikan pelayanan dan kepuasan bagi para pelanggannya, serta bagaimana perusahaan menjaga kepercayaan pelanggan melalui peningkatan kualitas produk dan fasilitas layanan yang diberikan. Laporan tahunan juga bisa digunakan sebagai alat komunikasi untuk menjelaskan perihal kegiatan sosial lingkungan dan kemasyarakatan, sebagai sebuah bentuk tanggungjawab perusahaan terhadap pelestarian lingkungan dan kepedulian sosial.   Boleh dibilang, aspek komunikasi dalam laporan tahunan sangat luas dan bisa dimanfaatkan sebagai media untuk menjaga hubungan dengan para mitra bisnis, karyawan, pelanggan dan semua pemangku kepentingan agar berjalan dengan harmonis dan berkelanjutan. (ALV)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: