Tips Menyusun Laporan Tahunan yang Menarik

Oleh: Aulia R. Sungkar

Penulis adalah direktur ALVEO

Annual Report atau Laporan Tahunan merupakan laporan perkembangan dan pencapaian yang berhasil diraih perusahaan atau organisasi dalam satu tahun. Laporan Tahunan memiliki beberapa fungsi, diantaranya sebagai sumber informasi mengenai perkembangan perusahaan atau organisasi, dan pencapaian yang telah berhasil dilakukan. Laporan Tahunan juga dapat dipergunakan sebagai media pemasaran dan promosi untuk meningkatkan daya tarik perusahaan di mata pemegang saham dan pemangku kepentingan.

Sangat penting bagi perusahaan untuk mengetahui cara membuat Annual Report sesuai kriteria Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Lalu, bagaimana menyusun Laporan Tahunan Perusahaan berdasarkan kriteria-kriteria tersebut?

  1. Umum

Kriteria ini mengenai penggunaan bahasa yang dipakai dalam Laporan Tahunan. Disarankan untuk menggunakan dua bahasa, baik dalam satu atau dalam dua buku terpisah, yakni versi Bahasa Indonesia dan versi Bahasa Inggris.

Penggunaan jenis dan ukuran huruf yang mudah terbaca juga merupakan hal mendasar yang harus diperhatikan, dan Laporan Tahunan harus dicetak dengan kualitas yang baik.

  1. Ikhtisar Data Keuangan Penting

Ikhtisar Data Keuangan Penting merujuk kepada penyajian informasi mengenai posisi keuangan, hasil usaha dan rasio keuangan dari perusahaan sesuai dengan standar industri yang berlaku. Informasi tersebut dapat disajikan dalam bentuk perbandingan 3 tahun atau 5 tahun, dengan tampilan desain yang menarik.

  1. Laporan Dewan Komisaris dan Direksi

Laporan Dewan Komisaris dan Direksi adalah pernyataan tertulis dari Dewan Komisaris dan Direksi mengenai kinerja perusahaan. Sesuai kriteria OJK, perusahaan harus mencantumkan pandangan atas prospek usaha perusahaan, dan juga perubahan komposisi.

  1. Profil Perusahaan

Bab Profil Perusahaan menghadirkan informasi mengenai sejarah dan perkembangan perusahaan. Informasi lain di bab ini adalah nama perusahaan dan bidang usaha perusahaan, riwayat singkat mengenai sejarah dan milestone perusahaan, profil Dewan Komisaris dan Direksi beserta komite-komitenya, informasi mengenai pemegang saham, penyertaan saham atau grup perusahaan, struktur organisasi, penghargaan dan sertifikasi yang dimiliki oleh perusahaan dan lain sebagainya. Untuk menyempurnakan Laporan Tahunan, tampilkan Informasi Umum dan Profil Perusahaan di dalam satu bab untuk memudahkan proses penjurian.

  1. Analisa dan Pembahasan Manajemen Atas Kinerja Perusahaan

Bab Analisa dan Pembahasan Manajemen Atas Kinerja Perusahaan ini merupakan salah satu sumber yang sangat penting. Bab ini terdiri dari berbagai sub-bab, diantaranya Analisa Makro Ekonomi, Tinjauan Bisnis dan Tinjauan Per Segmen Operasi.

Yang paling utama dalam bab ini adalah Tinjauan Keuangan yang menampilkan informasi mengenai kinerja keuangan perusahaan, realisasi kinerja keuangan tersebut atas target yang telah ditetapkan pada awal tahun, aspek permodalan, dan aspek prospek usaha perusahaan.

  1. Tata Kelola Perusahaan

Bab Tata Kelola Perusahaan merupakan bab yang paling penting karena memberikan uraian tentang prinsip dasar penerapan Tata Kelola Perusahaan (Good Corporate Governance) di sebuah perusahaan. Bab ini memuat uraian mengenai organ perusahaan yang terdiri dari Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS), Dewan Komisaris, dan Direksi, serta peran-peran dari organ-organ ini dalam merumuskan berbagai macam strategi Perusahaan dan arah kebijakan perusahaan. Selain itu, bab ini juga menjabarkan organ pendukung Dewan Komisaris dan Direksi seperti Sekretariat Dewan Komisaris, Komite Audit, Komite Nominasi dan Remunerasi, dan komite-komite lainnya, serta Sekretaris Perusahaan, Audit Internal dan Akuntan Publik. 

  1. Informasi Keuangan

Informasi Keuangan sesuai kriteria Annual Report adalah Laporan Keuangan yang telah diaudit oleh Kantor Akuntan Publik.

Untuk menyempurnakan penyusunan Laporan Tahunan, pihak perusahaan sebaiknya juga memperhatikan keselarasan antara design, layout, dan content. Hal ini bertujuan agar Laporan Tahunan benar-benar memenuhi perannya sebagai media komunikasi yang merepresentasikan suatu perusahaan dengan didukung oleh tampilan desain yang dapat menggambarkan perusahaan, dan disesuaikan dengan corporate identityperusahaan tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: